Dapatkan penawaran produk promo termurah, cari disini

Keindahan Di Balik Alas Purwo Serasa di Luar Negeri

Obyek wisata di negara kita ini memang sangat banyak dan juga sangat indah sekali maka dari itu kita sebagai orang peribumi kita harus bisa menjaga dan juga melestarikan kekayaan alam kita ini sebaik mungkin.

Kali ini kami akan membahas mengenai daerah Banyuwangi khususnya tentang keindahan alam Alas Purwo. Tempat wisata di kota Banyuwangi memang cukup banyak yang berhubungan dengan laut dan pantai yang sangat terkenal di Banyuwangi akhir-akhir ini dan biasa di sebut oleh penduduk setempat yakni Pantai Plengkung, pantai ini berada tepat di balik Taman Nasional Alas Purwo, yang berada di kawasan paling timur pulau jawa.

Keindahan Di Balik Alas Purwo, Memberikan Suasana Serasa Berada di Luar Negeri

Pantai Plengkung/G-Land

Pantai Plengkung atau dikenal juga sebagai G-Land sangat eksotis memiliki keindahan panorama alam yang menawan di balik Taman Nasional Alas Purwo, Jika sobat dari Bali biasanya ditempuh sekitar setengah hari perjalan. Pantai Plengkung cukup populer di kalangan peselancar atau surfing luar dan dalam negeri, memiliki keindahan dan tinggi ombak 4-8 meter dengan lebar 2 km, gelombang ombak yang cukup sempurna untuk para peselancar kelas dunia.

Pantai Plengkung G-Land, terletak dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo

Selain ke Pantai Plengkung yang memiliki ombak sebesar itu, para peselancar biasanya pergi ke Hawai dan Afrika Selatan. Dan puncak tinggi gelombang ombak terjadi pada April sampai Agustus setiap tahun. Di pantai ini pernah diadakan lomba selancar internasional Quicksilver Pro Surfing Championship pada tahun ’95, ’96, dan ’97 serta Da Hui Pro Surfing World Championship seri III tahun ‘2003. Dengan potensi yang dimilikinya, tak pelak lagi Pantai Plengkung pun dikenal sebagai surga bagi para peselancar professional.

Tidak mengherankan jika Pantai Plengkung lebih populer di mancanegara daripada di dalam negeri. Mayoritas wisatawan yang berkunjung justru datang dari Amerika, Brasil atau Australia. Dari para peselancar asing yang mengagumi keindahan gulungan ombak di Pantai Plengkung inilah kemudian muncul sebutan G-Land bagi Pantai Plengkung. Sehingga bagi turis asing, mereka lebih mengenal G-Land daripada Pantai Plengkung.

Peta dan Rute Lokasi Pantai Plengkung G-Land Banyuwangi

Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi juga terdapat di Alas Purwo, panorama pantai yang tidak kalah eksotisnya dengan pantai Plengkung, Pantai Trianggulasi ini sangat menawan dan juga sangat indah sekali dikala sun rice dan sunset atau tengelanya matahari di sore hari hamparan pantai yang sangat luas dan juga sangat indah ini pasti akan membuat kita menjadi ingin lebih berlama – lama di sini.

Keindahan sunset di Pantai Trianggulasi menjadi daya tarik sempurna, sangat cocok untuk sobat yang senang berburu foto untuk selfie.

Keindahan sunset di Pantai Trianggulasi menjadi daya tarik sempurna, sangat cocok untuk sobat yang senang berburu foto untuk selfie.

Pantai Trianggulasi yang memiliki tempat yang eksotis ini kebetulan berada persis di Desa Tegaldlimo, dan saat ini telah menjadi icaran para pengunjung untuk menyaksikan keindahan dan mendokumentasikan moment indahnya sunset.

Jarak Pantai Trianggulasi kurang lebihnya sekitar 70 km dari pusat kota Banyuwangi, sebelum kita tiba di Pantai Trianggulasi, disepanjang perjalanan juga akan melihat keindahan obyek wisata Alas Purwo yang pastinya cukup asri, dengan suasana yang sangat sejuk dapat digunakan untuk beristirahat atau sekedar menghilangkan rasa penat dan lelah setelah kita menempuh perjalanan.

Untuk menuju Pantai Trianggulasi dari Alas Purwo kira – kira 1 jam atau dengan jarak kurang lebihnya 2 km saja. Kita akan lebih puas setelah kita tiba di Pantai Trianggulasi, karena akan di manjakan dengan hamparan bibir pantai putih yang sangat luas dan juga sangat indah, selain itu juga akan di temani dengan deruhnya ombak beserta angin sepoi – sepoi.

Waktu yang tepat berkunjung ke Pantai Trianggulasi, sangat disarankan untuk menjelang sore hari.

Saran saya jangan lupa setelah kita tiba di sana kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena buang sampah sembarangan akan merusak ke indahan alam yang ada.

Peta dan Rute Lokasi Pantai Trianggulasi

Misteri

Kegiatan bertapa, semedi, sayan (gotong-royong sewaktu mendirikan rumah), bayenan serta selamatan – selamatan lain yang berkaitan dengan pencarian ketenangan bathin masih dilaksanakan oleh penduduk setempat.

Kabut di dalam hutan Taman Nasional Alas Purwo kerap kali menutupi jarak pandang.

Kabut di dalam hutan Taman Nasional Alas Purwo kerap kali menutupi jarak pandang.

Di saat hari – hari tertentu seperti 1 suro, bulan mati, bulan purnama, masyarakat datang ke kawasan Taman Nasional Alas Purwo untuk melakukan semedi atau berdiam diri. Tempat ini pun sangat terkenal dengan keangkerannya. Dahulu banyak orang yang tersesat dan dirampok serta dibunuh oleh perampok yang berdiam di Alas purwo. Disana juga diyakini sebagai tempat Mahluk Halus berada. Sehingga hingga saat ini Alas Purwo masih terkenal keangkeran-nya sebagai salahsatu tempat terangker yang ada di Pulau Jawa.

Satwa

Keanekaragaman jenis fauna di kawasan Taman Nasional Alas Purwo secara garis besar dapat dibedakan menjadi 4 kelas yaitu Mamalia, Aves, Pisces dan Reptilia. Mamalia yang tercatat sebanyak 31 jenis, di antaranya yaitu :

  • Banteng (Bos javanicus),
  • Rusa (Cervus timorensis),
  • Ajag (Cuon alpinus),
  • Babi Hutan (Sus scrofa),
  • Kijang (Muntiacus muntjak),
  • Macan Tutul (Panthera pardus),
  • Lutung (Trachypithecus auratus),
  • Kera Abu-abu (Macaca fascicularis),
  • Biawak (Varanus salvator).

Burung yang telah berhasil diidentifikasi berjumlah 236 jenis terdiri dari burung darat dan burung air, beberapa jenis di antaranya merupakan burung migran yang telah berhasil diidentifikasi berjumlah 39 jenis. Jenis burung yang mudah dilihat antara lain :

  • Ayam Hutan (Gallus gallus),
  • Kangkareng (Antracoceros coronatus),
  • Rangkok (Buceros undulatus),
  • Merak (Pavo muticus)
  • Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris).

Alamat Lokasi Taman Nasional Alas Purwo: Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416
Pintu Masuk: Bedul, Rawa Bendo
Waktu Berkunjung Terbaik ke Taman Nasional Alas Purwo: Januari sampai September (kita dapat menyaksikan pendaratan penyu untuk bertelur), Oktober sampai dengan Desember (menyaksikan migrasi burung)
Jam buka: tutup sekitar jam 16.00, Buka pukul 07.30 setiap harinya
Letak: Jawa Timur, Indonesia

Peta dan Rute Lokasi Taman Nasional Alas Purwo