Dapatkan penawaran produk promo termurah, cari disini

Menikmati Keindahan Wisata Jembatan Suramadu Melintas Laut

Ada salah satu lagi nih sob, sebuah wisata yang ada di kota Surabaya, dimana tempat ini merupakan tujuan wisata yang baru – baru ini cukup tren, dikalangan masyarakat Surabaya dan sekitarnya, bahkan bukan hanya tren wisata baru bagi warga setempat saja, tetapi nama wisata ini juga cukup populer di kota – kota besar lainnya yang ada di Indonesia, bahkan para masyarakat dari pelosok negeri pun sudah banyak yang mengetahuinya jembatan kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini.

Berwisata ke Jembatan Suramadu

Wisata tersebut adalah Jembatan Suramadu, dimana jembatan ini memiliki panjang yang luarbiasa bahkan jembatan ini juga sering di sebut dengan jembatan terpanjang di Negara Indonesia. Perlu anda ketahui juga bahwa jembatan ini telah menghubungkan antara kota Surabaya dan Madura.

Menikmati Keindahan Wisata Jembatan Suramadu Melintas Laut

Jembatan Suramadu diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009.

Jembatan yang di bangun pada tahun 2010 dan jembatan ini sebenarnya hanya berfungsi sebagai sarana penyeberangan atau penghubung antara kota Surabaya dan kota Madura, namun kini jembatan Suramadu seringkali menjadi salahsatu tujuan wisata, jembatan ini memiliki panjang 5.438 kilometer.

Selain itu jembatan ini juga di sebut sebagai jembatan terpanjang di Indonesia bahkan terpajang di asia tenggara dan dalam waktu yang tidak sampai sepuluh tahun akhirnya jembatan ini berhasil di buat setelah itu lama – kelamaan bagi para pengendara yang berhenti di jembatan ini berfoto – foto dan mengabadikan dengan ponselnya.

Para warga setempat pun memiliki inisiatif untuk menjadikan jembatan ini menjadi salah satu wisata di kota mereka, dimana para turis yang datang ketempat ini hanya di perbolehkan untuk mengabadikan saja dalam waktu yang sangat singkat, dikarenakan tempat ini merupakan sebuah tempat penyebrangan mobil dan takutnya akan terjadi kemacetan atau lainnya yang tidak di inginkan.

Namun akan beda lagi jika kita melalui pulau Madura, kita dapat menyewa perahu untuk mengelilingi jembatan Suramadu ini, menggunakan perahu sewaan dan dengan adanya jembatan suramadu inipun kota Madura menjadi memiliki satu buah tempat wisata lagi yang patut untuk di kunjungi.

Nah, apabila sobat ingin menyebrangi jembatan ini sebaiknya di waktu sore hari, karena di waktu sore biasanya jembatan ini akan memperlihatkan pesonanya yang sangat luar biasa dan yang pasti tidak kalah dengan pemandangan pantai – pantai lainnya, apalagi lokasinya dekat dengan pusat kota dan pelabuhan, karena itu sangat di sayangkan apabila sobat sedang berada di Surabaya, namun melewatkan menikmati keindahan jembatan Suramadu.

Sekilas Jembatan Suramadu

Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang fondasi penopang berdiameter 180 cm.

Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga bagian yakni dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama sepanjang 434 meter.

Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter.

Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan laut.

Pada bagian inilah yang menyebabkan pembangunannya menjadi sulit dan terhambat, dan juga menyebabkan biaya pembangunannya membengkak.

Untuk lebih jelas mengenai sejarah Jembatan Suramadu dapat membacanya di wikipedia di link ini Jembatan Nasional Surabaya Madura.

Alamat Lokasi: Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60126
Panjang total: 5.438 m
Rentang terpanjang: 434 m
Selesai dibangun: 1 Maret 2009
Tarif atau Harga Tiket Tol: Rp 15.000,00 (roda 4); Rp 0,00 (roda 2)

Peta dan Rute Lokasi jembatan Suramadu