Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung, Jelajahi Eksotisme Kota Kembang

Memang sudah tidak aneh lagi jika kota Bandung ini dipenuhi oleh kendaraan bernomor polisi Jakarta saat akhir pekan. Kota yang mendapat julukan sebagai kota Kembang tersebut memiliki udara yang sangat sejuk, sehingga menjadi tempat tujuan wisata di akhir pekan favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Sebab lokasinya yang ada di daerah pegunungan, sehingga Bandung mempunyai deretan tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Tertarik untuk jelajahi eksotisme tempat wisata alam di kota Kembang Bandung? Simak dulu yuk rekomendasi tempat wisata alam yang akan kami rangkumkan berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung, Jelajahi Eksotisme Kota Kembang

Kawah Putih

Hanya berjarak kurang lebihnya sekitar 50 km dari kota Bandung, kawah putih ini bisa dicapai dengan sangat mudah, sebab sudah ada jalan yang memadai untuk pengendara kendaraan pribadi, juga tersedia kendaraan umum bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Kawah putih yang ada di Ciwidey Bandung tersebut tawarkan pengalaman menikmati tempat wisata alam Bandung yang tiada duanya. Dengan udara yang dingin juga dilengkapi pula dengan pemandangan khas kawah bertanah putih, kawasan wisata alam Bandung tersebut pastinya tidak akan pernah mengecewakan pengunjungnya. Tak hanya itu, warna air yang ada di sini juga bisa berubah – ubah, seiring dengan perubahan cuaca serta suhu.

Kawah Putih merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey

Kawah Putih merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey.

Kawah Putih merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha, tanahnya berwarna putih karena tercampur dengan belerang, dengan air danau berwarna biru kehijauan.

Untuk menuju lokasi atau rute kawasan wisata Kawah Putih, jika sobat dari Jakarta dan memakai kendaraan roda empat dapat keluar dari pintu tol Kopo, menuju sayati, kemudian ke arah Soreang, dari kawasan Soreang pilih jalan yang menuju Ciwidey, dari tempat ini cukup mudah menuju kawasan Kawah Putih. Selain dari pintu tol Kopo, jalur lainnya atau alternatif dapat melalui Tol Buah Batu. Jika memakai kendaraan umum, dari terminal Leuwi Panjang naik kendaraan menuju Ciwidey, kemudian kendaraan menuju kawasan wisata alam Kawah Putih.

Jam buka kawasan Kawah Putih dan harga tiket masuk
  • Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk untuk lokal: Rp 18.000
  • Harga tiket masuk untuk mancanegara: Rp 50.000
  • Untuk sesi foto prewedding: Rp.500.000,-
Harga tiket parkir kendaraan
  • Roda 4: Rp.6000,- (parkir di bawah) dan Rp.150.000,- (parkir di atas)
  • Roda 6: Rp.25.000,-
Peta Rute dan Lokasi menuju Kawah Putih

Gunung Tangkuban Perahu

Ini adalah salah satu tempat wisata Bandung yang menarik untuk Anda yang ingin jelajahi eksotisme kota Kembang. Gunung tangkuban perahu tersebut adalah tempat wisata di Bandung yang paling ramai pengunjung. Alasannya adalah karena keindahan yang ditawarkan dan kemudahan untuk mencapai lokasi. Tak hanya menawarkan pemandangan yang eksotis, ternyata gunung tangkuban perahu ini juga menyimpan sebuah legenda atau mitos misteri yang menarik, yakni menceritakan mengenai seorang pemuda yang bernama Sangkuriang yang berusaha untuk bisa menikahi ibu kandungnya sendiri namun gagal.

Lokasi gunung Tangkuban Perahu tidak sulit ditemui, karena kawasan wisata ini sangat ramai dan populer, hampir setiap orang mengetahuinya. Jika sobat memakai kendaraan pribadi akan dengan mudah menuju kawasan wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, karena kini cukup banyak rambu-rambu lalulintas yang menuntun sobat menuju kawasan wisata alam ini.

Gunung tangkuban perahu tempat wisata di Bandung yang paling ramai pengunjung.

Gunung tangkuban perahu tempat wisata di Bandung yang paling ramai pengunjung.

Berikut ini Rute atau jalan menuju Lokasi wisata alam Gunung Tangkuban Perahu jika sobat memakai kendaraan pribadi ataupun memakai kendaraan umum:

Apabila sobat membawa kendaraan pribadi dapat memilih beberapa alternatif menuju ke kawasan wisata alam Gunung Tangkuban Perahu.

  • Keluar di pintu tol Pasteur, pilih jalan lurus ke Jl Dr. Djunjunan – lalu kearah pasar Kaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.
  • Keluar di pintu tol Padalarang – arahkan kendaraan menuju kota Cimahi – belok kiri ke arah Jl Kolonel Masturi – ikuti jalan hingga sobat tiba di pertigaan Jalan Raya Lembang, kemudian belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.

Apabila sobat memakai kendaraan umum berikut ini alternatif yang bisa sobat pilih.

  • Melalui terminal Leuwi Panjang Bandung – cari bus dengan rute Bandung – Indramayu – kemudian turun di pertigaan gerbang wisata alam kawasan konservasi Gunung Tangkuban Perahu.
  • Melalui stasiun Hall Bandung – pilih angkot dengan rute stasiun Hall – Lembang – berhenti di perempatan – naik angkot dengan rute lembang – Cikole – Gunung Tangkuban Perahu.
Jam buka kawasan Gunung Tangkuban Perahu dan harga tiket masuk
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk untuk Lokal: Rp 15.000
Harga tiket masuk untuk Mancanegara: Rp 50.000
Peta Rute dan Lokasi menuju Gunung Tangkuban Perahu

Situ Patenggang

Rekomendasi tempat wisata alam di Bandung yang selanjutnya adalah Situ Patenggang. Ini adalah sebuah danau cantik yang ada di Bandung. Menariknya, di tempat wisata ini ada sebuah pulau yang berbentuk unik, yakni mirip dengan bentuk hati. Pulau tersebut diberi nama sebagai Pulau Asmara, atau yang paling sering disebut dengan nama Pulau Sasaka. Selain itu, di danau ini juga ada sebuah batu yang juga mendapat sebutan unik, yakni Batu Cinta.

Wisata alam di Bandung Situ Patenggang

Wisata alam di Bandung Situ Patenggang

Jam buka kawasan Situ Patenggang dan harga tiket masuk
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk untuk Lokal: Rp 18.000 (sabtu-minggu/weekend Rp20.000)
Harga tiket masuk untuk Mancanegara: Rp 135.000 (sabtu-minggu/weekend Rp185.000)
  • Tarif Parkir
    Roda 2 : Rp 3.500
    Roda 4 : Rp 11.500
    Bus/Truk : Rp 22.000
Peta Rute dan Lokasi menuju Situ Patenggang

Bukit Moko

Meskipun jarang diketahui, tetapi Bukit Moko ini sebetulnya merupakan tempat terbaik untuk santai – santai sambil menikmati pemandangan pegunungan di kota Kembang Bandung. Bukit Moko juga disebut – sebut sebagai tempat wisata alam tertinggi di kota Bandung yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan. Untuk bisa mencapai bukit moko tersebut, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi, sebab memang tak ada kendaraan umum yang melintas daerah ini.

Bukit Moko ini sebetulnya merupakan tempat terbaik untuk santai

Bukit Moko merupakan tempat terbaik untuk bersantai.

Di Bukit Moko ini juga ada sebuah warung yang cukup populer dengan sebutan Warung Daweung. Warung tersebut bukanlah sembarangan warung, sebab menawarkan pemandangan khas kota Bandung dari atas yang terlihat begitu indah, dilengkapi pula dengan udara sejuk dan minuman hangat, sehingga tempat ini jadi favorit untuk bersantai.

Jam buka kawasan Bukit Moko dan harga tiket masuk
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp 15.000
Puncak Bukit Bintang: Rp 8.000
Peta Rute dan Lokasi menuju Bukit Moko

Maribaya

Berada di daerah Lembang, kurang lebihnya sekitar 22 km dari kota Kembang Bandung, maribaya merupakan sebuah tempat wisata yang recommended banget. Tempat tersebut dikenal dengan sumber mata air panas belerang. Tak jauh berbeda dengan di Tirta Sanita Ciseeng, sumber mata air panas yang ada di tempat wisata Bandung ini juga dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit dan bi

Air Terjun Maribaya Lembang

Air Terjun Maribaya Lembang

sa membuat kulit jadi mulus. Tak hanya dikenal dengan sumber mata air panasnya, Maribaya di Bandung ini juga disukai sebab menawarkan wisata alam lainnya berupa air terjun dan taman yang indah. Salah satu kegiatan wisata favorit di objek wisata Bandung tersebut selain berendam adalah trekking.

Jam buka kawasan Maribaya
Alamat: Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam buka: Buka 24 jam
Peta Rute dan Lokasi menuju Maribaya

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Bandung yang kami rangkumkan untuk Anda. Jika Anda memang tertarik untuk menjelajahi eksotisme kota Kembang Bandung, maka Anda wajib memasukkan salah satu atau beberapa tempat wisata di atas ke dalam daftar wisata Anda selanjutnya. Dan semoga saja wisata Anda di Bandung menyenangkan dan berkesan.