Dapatkan penawaran produk promo termurah, cari disini

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicicipi

Kota dengan barisan budaya yang khas. Itulah kalimat yang rasanya tepat untuk menggambarkan setiap cita rasa kota yang ditawarkan untuk disaksikan para penikmat wisata. Anda akan temukan sensasi budaya yang benar – benar melekat ketika tiba di provinsi Jawa Tengah. Ada banyak tempat wisata yang akan menyambut Anda dengan ramah jika Anda memilih Jawa Tengah sebagai tempat berlabuh atau tempat persinggahan Anda. Utamanya candi akan menyambut Anda dengan nuansa yang gagah.

Selain kaya dengan budaya dan wisata yang ditawarkan, Jawa Tengah juga selalu memberikan kenyamanan kunjungan kepada wisatawan dengan menyajikan aneka wisata kuliner khas yang dimiliki. Tentunya perjalanan ke Jawa Tengah Anda akan semakin berwarna dengan juga mencicipi wisata kuliner khas Jawa Tengah yang tersaji. Jika Anda sedang mencari wisata kuliner khas di Jawa Tengah, berikut kami rekomendasikan wisata kuliner khas Jawa Tengah yang wajib banget Anda cicipi. Tentunya taste yang lezat akan membuat Anda tak pernah bisa melupakan Jawa Tengah.

Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Jawa Tengah

Lumpia Semarang

Wisata kuliner khas Jawa Tengah yang pertama direkomendasikan untuk menjadi tujuan wisata kuliner Anda adalah Lumpia Semarang. Makanan ini seperti namanya berasal dari Semarang. Kulit lumpia diisi dengan rebung, ayam, telur dan udang kemudian digoreng. Disantap bersama saus kental manis ketika mencicipinya tentu sangat cocok. Jika Anda datang ke Semarang, Jawa Tengah jangan lupa cari lumpia Semarang dan jadikan oleh – oleh untuk dibawa pulang.

Varian rasa yang tersedia cukup banyak, diantaranya berisi campuran jamur dan kacang mete, Kajamu atau daging kambing jantan muda, Lumpia Fish yang memakai daging ikan kakap, Crab memakai daging kepiting sebagai isi campuran, udang, rebung, yang cukup populer memakai daging ayam, serta Plain lumpia yang dikhususkan untuk sobat vegetarian. Untuk harga sangat bervariasi, mulai dari Rp5.000,- hingga Rp20.000,- juga tersedia kemasan paket yang berisi 10 Lumpia Semarang.

Lumpia Semarang yang biasanya menjadi buruan berada di Gang Lombok, Mataram dan Jalan Pemuda

Lumpia Semarang yang biasanya menjadi buruan berada di Gang Lombok, Mataram dan Jalan Pemuda

Nasi gandul

Nasi gandul juga dikenal dengan nama sego gandul. Nasi gandul berasal dari daerah Pati, Jawa Tengah. Nasi ini pada awalnya dijual dengan cara digandul dan terkenal berasal dari daerah Gajahmati. Nasi ini mirip dengan nasi uduk akan tetapi lebih gurih. Disajikan diatas daun pisang yang diberi kuah gandul dengan potongan daging sapi dan berbagai lauk pilihan menjadi salah satu kelebihan nasi ini. Nasi gandul juga terkadang disebut dengan nasi pindang oleh sebagian orang. Namun di Jawa Tengah sendiri lebih populer dengan sebutan sego gandul.

Harga Nasi Gandul tidak mahal, sangat pas di kantong, sekitar Rp.15.000,- sudah memakai daging atau lidah, juga tersedia berbagai lauk tambahan seperti perkedel, sate jeroan paru, babat, iso, ati, kulit atau kikil, limpa, otak dan telur.

Nasi gandul atau Sego Gandul sepintas mirip dengan Semur Daging dan Gulai.

Nasi gandul atau Sego Gandul sepintas mirip dengan Semur Daging dan Gulai.

Mangut beong

Mangut beong merupakan sebuah wisata kuliner khas Jawa Tengah tepatnya berasal dari Magelang. Mangut beong berbahan dasar ikan beong. Ikan beong mirip seperti ikan lele atau dikenal juga sebagai ikan gabus dan biasanya hidup di Sungai Progo. Ikan beong kaya akan protein dan tentu akan sehat dikonsumsi. Kuliner Mangut beong khas Magelang, Jawa Tengah ini dibumbui dengan resep khas yang sangat nikmat jika disantap bersama nasi hangat.

Harga menu Mangut beong mulai dari Rp15.000,- an, namun jika menginginkan ukuran beong atau gabus yang besar, harga menunya bisa mencapai Rp.70.000,- per porsi.

Kuliner Mangut Beong mudah dapat ditemui sekitar borobudur dan menjadi salah satu kuliner asli Magelang Jawa Tengah.

Kuliner Mangut Beong mudah ditemui sekitar Borobudur dan menjadi salah satu kuliner asli Magelang Jawa Tengah.

Gethuk

Gethuk merupakan camilan dari bahan dasar singkong yang diparut kemudian dihaluskan. Cara pengolahannya dengan dikukus sampai matang kemudian akan ditaburi dengan kelapa parut diatasnya. Cita rasa manis dan gurihnya membuat banyak orang suka dengan gethuk. Kini Anda bisa temukan gethuk dengan berbagai variasi mulai dari warna, penyajian, cita rasa sampai cara pengolahannya. Bahkan sudah ada gethuk goreng yang bisa Anda temukan jika jalan – jalan di Jawa Tengah.

Ngemil Gethuk lebih enak sambil ngopi.

Ngemil Gethuk lebih enak sambil ngopi.

Gudeg

Gudeg juga termasuk salah satu wisata kuliner khas dari Jawa Tengah yang sangat direkomendasikan untuk Anda cicipi. Gudeg terbuat dari nangka muda diolah dengan aneka bahan dan daun jati, kemudian disajikan dengan bumbu khas. Gudeg tepatnya berasal dari Jogja, Jawa Tengah. Anda bisa temukan banyak penjual gudeg mulai dari gudeg pawon yang menjadi gudeg legendaris Jogja.

Kini juga sudah tersedia Gudeg Jogja di dalam kemasan kaleng yang lebih praktis untuk oleh-oleh, karena pada zaman dahulu memakai Kendil yang terbuat dari tanah liat sebagai kemasan, kini juga sudah tersedia berbagai varian diantaranya, telur dan tahu, gudeg rendang, gudeg blondo, rasa pedas dan original.

Gudeg memiliki komposisi terdiri dari Nangka, telur bebek, krecek, daging ayam serpihan/bumbu rendang serbuk, kacang tolo, santan kelapa, air, bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, lengkuas, kemiri, garam, gula merah/pasir/jawa, sereh, daun salam, daun jeruk purut, kunyit, daun kunyit, jahe, asam kandis, dan daun jeruk.

Untuk harga gudeg kaleng Jogja sekitar Rp.100 ribuan per paket yang berisi 4 kaleng gudeg.

Hidangan Gudeg komplit dengan ayam dan telur.

Hidangan Gudeg komplit dengan ayam dan telur.

Bagi Anda yang jalan – jalan di Jawa Tengah, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir dan mencicipi aneka wisata kuliner khasnya atau bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh perjalanan sobat. Dapatkan pengalaman wisata seru dan berharga dengan datang ke Jawa Tengah.